PELATIHAN DAN PEMBINAAN KADER POSYANDU

  • Sep 03, 2023
  • Admin Tugujaya-Cigombong

Kader Posyandu Desa  Tugujaya mengikuti kegiatan Pelatihan dan Pembinaan kader posyandu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tugujaya pada minggu 3 september 2023. Pelatihan dan pembinaan kader posyandu adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tugujaya. Pelatihan kader kali ini di laksanakan di taman rekreasi The farm pancawati. 

Pelatihan Kader dihadiri oleh kepala desa Tugujaya, ketua TP PKK Tugujaya, Kasipenkes kecamatan, ketua pokja 4 kecamatan, bidan desa, ketua PL KB dan 85 anggota kader posyandu Desa Tugujaya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para kader dalam hal meningkatkan kegiatan pelayanan kesehatan di posyandu. 

Menurut kades Tugujaya mochamad rifqi abdillah “Kader posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu. Kader posyandu juga merupakan penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan. Pelatihan Kader Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader tentang kegiatan promotif preventif di Posyandu Balita. Dimana posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat.” 

“Pelatihan disini memiliki arti untuk kembali merefresh pengetahuan para kader posyandu dengan tujuan agar kader Posyandu semakin bisa memaksimalkan kegiatan Posyandu seperti layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi bayi dan Balita, peningkatan gizi.

Kasipenkes kecamatan ibu emil menyampaikan "bahwa kader harus disupport ilmu pengetahuan terus-menerus, mengingat sasaran dari Posyandu adalah bayi, Balita, ibu hamil, ibu menyusui, wanita usia subur dan pasangan usia subur. Kader Posyandu juga harus bisa berinovasi seperti berimprovisasi dengan hal-hal kekinian. 

“Inovasi harus muncul dari para Kader. Lihat apa hal-hal yang bisa menarik perhatian ibu dan anak. Pokoknya dibuat sesuatu agar Posyandu kita lebih semangat,” tutur ibu emil yang mewakili kecamatan. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan pemaparan  oleh beberpa pemateri diantaranya ibu mohayati selaku ketua pokja 4 kecamatan, bidan desa ibu erni dan pemaparan dari ketua PL KB ibu endah. 

Ketua TP PKK Desa Tugujaya Lesi Nilawati, S.Pd,. berharap setelah acara ini kader kader posyandu bisa lebih memahami terkait kinerja atau tupoksi sebagai kader posyandu dan lebih kompak lagi antar kader.